Nama : Fauziah Fitriani
NPM :
52216731
Kelas :
2DF01
1. Sumber
Menurut Everett
M. Rogers sumber merupakan salah satu dari unsur unsur komunikasi.
Semua peristiwa komunikasi yang terjadi melibatkan sumber sebagai pembuat atau
pengirim informasi. Di dalam komunikasi antarmanusia, sumber ini bisa terdiri
dari satu orang maupun dalam bentuk kelompok.
Contoh : partai, lembaga atau organisasi. Sumber sering juga
disebut sebagai pengirim(komunikator).
2.
Komunikator
Komunikator
merupakan unsur komunikasi yang bertindak sebagai penyampai pesan. Komunikator
merupakan sumber informasi bagi komunikan. Sehingga bagaimana komunikator mendeliver sebuah
pesan sangat mempengaruhi keberhasilan komunikasi. Apakah komunikan dapat
menangkap dan mengerti sebuah pesan atau tidak, dan bagaimana respon yang
dihasilkan komunikan sangat ditentukan oleh kemampuan komunikator dalam
menyampaikan pesan.
Berikut beberapa hal yang perlu dimiliki oleh seorang komunikator
agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh komunikan:
·
Menguasai
tehnik bicara atau menulis untuk menyampaikan pesan.
·
Memiliki
pengetahuan luas mengenai pesan yang akan disampaikan.
·
Memiliki
kemampuan untuk menyusun isi pesan dengan baik.
·
Memiliki
kemampuan untuk memilih media yang paling tepat untuk digunakan dalam
menyampaikan pesan.
·
Memiliki
kredibilitas yang baik dimata audience atau komunikan.
·
Memiliki
pengetahuan untuk mengantisipasi gangguan yang mungkin timbul.
·
Memiliki
kemampuan untuk memberikan tanggapan atas feedback yang diberikan komunikan.
3.
Pesan
Menurut Rogers
& O. Lawrence Kincaid pesan adalah salah satu dari unsur unsur komunikasi.
Pesan yang dimaksud di dalam proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan
pengirim kepada penerima. Pesan tersebut dapat disampaikan secara tatap muka
atau melalui media komunikasi. Isi dari pesan tersebut dapat berupa informasi,
ilmu pengetahuan, hiburan, nasihat atau propaganda.
4.
Channel atau
saluran
Media komunikasi
merupakan sarana atau saluran yang digunakan oleh komunikator untuk
menyampaikan sebuah pesan. Dalam berkomunikasi, pesan akan diterima oleh
pancaindra manusia baru selanjutnya diproses dalam pikirannya dan kemudian
menghasilkan sebuah feedback. Pesan yang disampaikan dalam bentuk sebuah gambar
dan suara biasanya akan lebih menarik dari pada pesan yang hanya
disampaikan lewat tulisan saja.
Pemilihan media
atau sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan,
bergantung pada sifat, jenis, atau bentuk pesan yang akan disampaikan. Pesan
dalam bentuk tulisan misalnya, dapat disampaikan menggunakan media Koran atau
majalah, sedangkan media televisi bisanya digunakan untuk menyampaikan pesan
dalam bentuk video (gambar dan suara).
5.
Komunikasi
Unsur-unsur komunikasi yang selanjutnya adalah komunikasi itu
sendiri. Komunikasi sebagai salah satu unsur dalam unsur-unsur komunikasi dapat
dibedakan dalam berbagai macam kategori, mulai dari segi sifatnya, arahnya,
hingga jumlah orang yang terlibat di dalamnya. Unsur-unsur komunikasi ini
umumnya dibedakan berdasarkan kategori sifat, yakni dikelompokkan ke dalam dua
kategori, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.
a. Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal
merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan simbol-simbol verbal.
Simbol-simbol verbal ini dapat diwujudkan ke dalam bentuk lisan maupun tulisan.
Unsur-unsur komunikasi secara lisan dapat dilakukan oleh dua orang atau lebih
melalui hubungan tatap muka secara langsung tanpa ada jarak maupun peralatan
yang menjadi medianya. Unsur-unsur komunikasi lisan dapat terlihat pada
kegiatan “ngobrol” yang dilakukan oleh orang-orang ketika berada di kantor,
sekolah, kampus, ataupun tempat-tempat lainnya.
Selain secara
lisan, unsur-unsur komunikasi verbal juga dapat dilakukan melalui tulisan.
Unsur-unsur komunikasi ini dapat berupa surat-menyurat konvensional, surat
elektronik (email), chatting, dan lain sebagainya.
b. Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non
verbal merupakan unsur-unsur komunikasi dalam bentuk komunikasi yang dilakukan
tanpa menggunakan kata-kata, melainkan melalui simbol-simbol lainnya.
Komunikasi non verbal dapat ditunjukkan oleh tubuh manusia secara alami melalui
gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata. Sementara itu,
komunikasi non verbal dapat pula ditunjukkan dari hal-hal lain seperti gaya
berpakaian, potongan rambut, intonasi suara, hingga gaya berjalan.
6.
Efek
Menurut Charles
Osgood Gerald Miller dan Melvin L De Fleur pengaruh adalah salah satu
dari unsur unsur komunikasi. Efek atau Pengaruh adalah perbedaan antara apa
yang dipikirkan, apa yang dilakukan, apa yang dirasakan oleh penerima sebelum
dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini bisa terjadi pada sikap, tingkah laku
dan pengetahuan. Oleh sebab itu, pengaruh dapat juga diartikan sebagai
perubahan atau penguatan keyakinan pada pengetahuan, tindakan dan sikap
seseorang sebagai akibat penerimaan pesan.
7.
Faktor yang
diperhatikan dalam proses komunikasi
1. Empat tahap Proses komunikasi
Menurut Cutlip dan Center komunikasi yang efektif harus dilaksanakan dengan melalui 4 tahap yaitu :
• Pengumpulan fakta
Mengumpulkan data dan fakta sebelum seseorang melakukan kegiatan komunikasi. Untuk berbicara di depan rapat umum perusahaan, pimpinan perlu mencari fakta dan data tentang bisnis perusahaan tersebut, tujuannya, dsb.
Mengumpulkan data dan fakta sebelum seseorang melakukan kegiatan komunikasi. Untuk berbicara di depan rapat umum perusahaan, pimpinan perlu mencari fakta dan data tentang bisnis perusahaan tersebut, tujuannya, dsb.
• Perencanaan
Berdasarkan fakta dan data itu dibuatkan rencana tentang apa yang akan dikemukakan dan bagaimana mengemukakannya.
Berdasarkan fakta dan data itu dibuatkan rencana tentang apa yang akan dikemukakan dan bagaimana mengemukakannya.
• Komunikasi
Setelah planning disusun maka tahap selanjutnya adalah communication atau berkomunikasi.
Setelah planning disusun maka tahap selanjutnya adalah communication atau berkomunikasi.
• Evaluasi
Penilaian dan
analisa diperlukan untuk setiap kali melihat bagaimana hasil komunikasi
tersebut. Ini kemudian menjadi bahan bagi perencanaan selanjutnya untuk
melakukan komunikasi berikutnya.
2. Prosedur mencapai effect yang dikehendaki
Wilbur Schraam mengatakan: untuk mendapatkan effect yang baik dari komunikasi maka prosedur yang ditempuh adalah apa yang disebut sebagai “A-A Procedure” yaitu proses dari Attention (perhatian) ke Action (tindakan).
Prosesnya sebagai berikut :
Wilbur Schraam mengatakan: untuk mendapatkan effect yang baik dari komunikasi maka prosedur yang ditempuh adalah apa yang disebut sebagai “A-A Procedure” yaitu proses dari Attention (perhatian) ke Action (tindakan).
Prosesnya sebagai berikut :
• Attention (perhatian)
• Interest (kepentingan)
• Desire (keinginan)
• Desicion (keputusan)
• Action (tindakan)
• Interest (kepentingan)
• Desire (keinginan)
• Desicion (keputusan)
• Action (tindakan)
Dalam prakteknya
jika kita berbicara di depan umum, pertama harus dibangkitkan dulu perhatian
dari massa dengan berbagai cara untuk menarik perhatian. Kemudian timbul
kepentingan apa yang disampaikan cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh umum.
Tahap berikutnya kembangkan keinginan-keinginan untuk menerima komunikasi sebab
apa yang kita sampaikan menjawab kebutuhan masyarakat. Kembangkan terus
sehingga kemudian timbul keputusan untuk melakukan pesan yang kita inginkan.
Proses terakhir diharapkan
menimbulkan tindakan
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar