Nama : Fauziah
Fitriani
NPM : 52216731
Kelas : 2DF01
1.
Latar Belakang
Penyelenggaraan Komunikasi
Komunikasi merupakan suatu proses dua arah yang
menghasilkan pertukaran informasi dan pengertian antara masing-masing individu
yang terlibat. Komunikasi merupakan dasar dari seluruh interaksi antar manusia.
Komunikasi merupakan kebutuhan hakiki dalam kehidupan manusia untuk saling
tukar menukar informasi. Karena tanpa komunikasi interaksi antar manusia, baik
secara perorangan, kelompok maupun organisasi tidak mungkin terjadi. Manusia memerlukan
kehidupan sosial, kehidupan bermasyarakat. Sebagian besar interaksi manusia
berlangsung dalam situasi komunikasi interpersonal (komunikasi antar pribadi).
Proses
komunikasi yang terjadi di dalam perusahaan khususnya yang menyangkut
komunikasi antara pimpinan dan bawahan merupakan faktor penting dalam menciptakan
suatu organisasi yang efektif. Komunikasi efektif tergantung dari hubungan
karyawan yang memuaskan yang dibangun berdasarkan iklim dan kepercayaan atau
suasana organisasi yang positif. Hubungan atasan dan bawahan merupakan jantung
pengelolaan yang efektif. Agar hubungan ini berhasil, harus ada kepercayaan dan
keterbukaan antara atasan dan bawahan. (Muhammad, 2001:172)
2.
Konsep Dasar dan Peranan
Komunikasi
a. Konsep dasar komunikasi
Sebagai makhluk sosial manusia senan
tiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Salah satu unsur terpenting
dalam hidup manusia adalah komunikasi. Komunikasi adalah saluran atau media. Seorang
komunikator dalam proses komunikasi pastilah menggunakan unsur media sebagai
alat penyampai pesan kepada komunikan, tujuannya untuk mengetahui lingkungan
sekitarnya, bahkan ingin mengetahui apa yang terjadi dalam dirinya. Rasa ingin
tahu ini memaksa manusia perlu berkomunikasi. Komunikasi merupakan proses
penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan melalui media atau saluran. Komunikasi
merupakan faktor fundamental dalam kehidupan manusia, sebab manusia perlu
mempertahankan hidup dan kebutuhan menyesuaikan dengan lingkungan.
b. Peran komunikasi
Peran komunikasi dalam berbisnis
sangatlah penting karena komunikasi yang baik dapat menguntungkan sebuah bisnis
yang sedang dilakukan. Terciptanya komunikasi yang baik serta komunikasi yang
efektif akan mendatangkan sebuah keuntungan dalam berbisnis. Maka seseorang
yang dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang lain biasanya dengan mudah
menjalankan bisnis yang dikelolanya. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi
berjalan dengan bergandengan tangan.
Sumber :
Buku
Komunikasi Bisnis, “Sutrisna Dewi”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar