Senin, 23 April 2018

Keuntungan Menjadi Komunikator Dunia Bisnis


Nama            : Fauziah Fitriani
NPM              : 52216731
Kelas             : 2DF01


1.     Melihat Perilaku Konsumen
Prilaku pembeli sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis.
strategi pemasaran biasanya tidak akan melupakan peranan opinion leaders. kadang-kadang mereka memang bukan individu yang memiliki otoritas formal. tetapi karena keahliannya, kearifan atau mungkin karismanya mereka jadi sangat dipercaya oleh masyarakat lingkungannya untuk memberi nasihat-nasihat tentang suatu pemecahan masalah ( problem solving) tertentu.
    Keberhasilan produk ditentukan oleh citra (image) yang positif dari konsumen (pemakai). bila citra sebuah produk sudah tertanam, konsumen akan mengalami ketergantungan yang sangat kuat akan produk tersebut. oleh sebab itu, bila ekspansi pasar telah dilakukan, harus segera dilakukan juga penelitian (action reasearch) untuk mengetahui posisi produk dalam format citra dalam masyarakat.
2.     Menentukan Strategi Komunikasi yang tepat
Strategi komunikasi yang digunakan dalam kegiatan bisnis mempunyai berbagai tujuan. selain memberikan informasi yang tepat (pemilihan message) agar komunikasi memperoleh gambaran yang benar terhadap produk yang ada, komunikasi juga dimaksudkan untuk menghindari efek-efek psikologis yang cendrung disertai prasangka-prasangka yang mengakibatkan tidak tercapainya saling pengertian (mutual understanding).
 Ditinjau dari sudut perubahan sosial, hirarki jelas sangat merugikan institusi sosial. pertama, partisipasi anggotanya berkurang. kedua, etos kerja yang diwarnai oleh semangat kreatif, inovatif dan inisiatif tidak terbentuk. sebaliknya, bentuk komunikasi top-down semacam ini cendrung menciptakan mental menunggu saja. ketiga, kontrol yang efektif dari bawah tidak ada sehingga berbagai penyimpangan atas sistem bila terjadi cenderung sukar untuk diperbaiki atau diobati. keempat, bakat istimewa yang sebetulnya dimiliki oleh sejumlah individu tertentu tidak dimungkinkan untuk tampil ke luar. kelima, secara institusional, problem solving menjadi kurang efektif, karena tidak adanya dialog antar anggota komunitas.

      Manusia pada akhirnya dituntut untuk mampu berkomunikasi secara efektif agar di tengah-tangah komunkasinya ia mempunyai eksistensi yang lebih baik. individu perlu mengetahui strategi komunikasi. untuk itu terlebih dahulu harus dipahami apa itu komunikasi, saluran-saluran apa yang dipergunakan dan keterampilan (skill) apa yang digunakan untuk mendukung keberhasilan komunikasi. beberapa hambatan komunikasi :
1. Bahasa (semantik)
2. Kebisingan (noise factor)
3. Teknik ( tecnical factor)
4. Ketidaksamaan ruang lingkup pengalaman (field of experience)
5. Ketidaksamaan pengetahuan (frame of reference)

Syarat - syarat agar komunikasi menjadi efektif adalah :
- Menciptakan suasana komunikasi yang menguntungkan
- Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti
- Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan
- Pesan dapat menggugah kepentingan di pihak komunikan yang dapat menguntungkan
- Pesan dapat menimbulkan suatu penghargaan atau reward di pihak komunikan

   Selain itu diperlukan juga sejumlah keterampilan penunjang dalam melakukan komunikasi yang efektif:

   Keterampilan memecahkan masalah. mengidentifikasi masalah, menganalisa masalah, menyusun kriteria untuk menilai cara pemecahan dan akibat-akibatnya, dan menentukan pilihan serta mengadakan uji coba atas solusi yang terbaik.

    Keterampilan menuangkan ide dalam bentuk yang sistematis (dalam bahasa ini diutamakan keterampilan menulis untuk dapat dipublikasikan lewat media massa cetak)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar